Yang dimaksud disini adalah 'arudh yang terdapat di dalam istilah ilmu 'arudh.
'Arudh adalah taf'ilat terakhir yang berada pada syatar awwal (misro' awwal/shodar).
Berkata 'Imru' al-Qais:
'Arudh adalah taf'ilat terakhir yang berada pada syatar awwal (misro' awwal/shodar).
Berkata 'Imru' al-Qais:
قِفَا نَبْكِ مِنْ ذِكْرَى حَبِيبٍ وَمَنْزِلِ ... بِسقطِ اللّوَى بَينَ الدخولِ فَحومَلِقِفَا نَبْ / كِ مِنْ ذِكْرَى / حَبِيْبِنْ / وَمَنْزِلِيْ ... بِسَقْطِ لْ / لِوَى بَيْنَ دْ / دُخُوْلِ / فَحَوْمَلِيْـ//ه/ه ـ //ه/ه/ه ـ //ه/ه ـ //ه//ه ... //ه/ه ـ//ه/ه/ه ـ //ه/ ـ //ه//ه ـفَعُوْلُنْ - مَفَاعِيْلُنْ - فَعُوْلُنْ - مَفَاعِلُنْ ... فَعُوْلُنْ - مَفَاعِيْلُنْ - فَعُوْلُ - مَفَاعِلُنْالسالمة - السالمة - السالمة - المقبوضة ... السالمة - السالمة - المقبوضة - المقبوض
====================================
Coba Anda perhatikan bait di atas, yang diberi warna merah dinamakan 'arudh العروض
Keterangan:
1. Jajaran pertama adalah lafadz syairnya
2. Jajaran kedua adalah kitabah 'arudhiyyah
3. Jajaran ketiga adalah notasi (rumuz)
4. Jajaran keempat adalah tafa'il (taf'ilat-taf'ilat)
5. Jajaran kelima adalah perubahan berupa zihaf dan ilal yang memasukinya
1. Jajaran pertama adalah lafadz syairnya
2. Jajaran kedua adalah kitabah 'arudhiyyah
3. Jajaran ketiga adalah notasi (rumuz)
4. Jajaran keempat adalah tafa'il (taf'ilat-taf'ilat)
5. Jajaran kelima adalah perubahan berupa zihaf dan ilal yang memasukinya
Perhatian:
Bait syair di atas merupakan bahar thowil.
Perlu diketahui bahwa 'arudh berjenis muannats.
Jumlah 'Arudh seluruhnya ada tiga puluh empat (34) dari bahar yang 16 itu.
Bait syair di atas merupakan bahar thowil.
Perlu diketahui bahwa 'arudh berjenis muannats.
Jumlah 'Arudh seluruhnya ada tiga puluh empat (34) dari bahar yang 16 itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar