Kamis, 27 Oktober 2011

Ilmu Sharf Atau Tashriif

Ilmu Sharf (ﺼﺭْﻑ) sering juga disebut dengan Tashriif (َﺘﺼِﺮﻴﻑ), yang diprakarsai oleh Mu’adz bin Muslim al-Harraa’ al-Kufi sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri terpisah dengan ilmu Nahwu. Maknanya berkisar antara perubahan dan pemindahan. Sedangkan dari segi istilah adalah perubahan suatu suku kata ke dalam bentuk yang berbeda-beda dan dan mempunyai arti atau maksud tertentu. Atau dapat disebut juga dengan Ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk kata (timbangan) dalam bahasa Arab serta perubahan-perubahan lafadz yang terjadi pada suatu kata.
Dengan demikian, tujuan mempelajari ilmu Sharf adalah mengetahui timbangan-timbangan kata dan perubahan yang terjadi pada kata tersebut, beserta maknanya.
Sebagian besar kata-kata yang ada dalam bahasa Arab terdiri dari tiga huruf, sehingga para ahli bahasa khususnya ulama Sharf mengatakan bahwa asal dari setiap kata adalah terdiri dari tiga huruf dan menyusunnya dalam suatu timbangan khusus yaitu hurf Fa ( ), ‘Ain ( ) dan Lam ( ) atau Fa’ala (ﻔﻌﻝ ). Berdasarkan timbangan ini, maka kata ﺸﻜﺮَ misalnya, adalah kata yang bertimbangan (ﻔﻌﻝ). Huruf Syin ( ) dinamakan Faaul kalimat (ﻔﺎﺀ ﺍﻠﻜﻠﻤﺔ), Kaf () adalah ‘Ainul kalimat (ﻋﻴﻥ ﺍﻟﻜﻠﻤﺔ ) dan Ra () adalah Laamul kalimat (ﻻﻢ ﺍﻟﻜﻠﻤﺔ ). Jika kata itu terdiri dari empat atau lima huruf maka huruf keempat atau kelima itu disamakan dengan huruf Lam yang berulang, misalnya kata ﺪﺤﺭﺝ berdasarkan timbangan ﻔﻌﻟﻞ . Dan jika kata itu ditambahkan dengan satu huruf atau lebih dari huruf-huruf tambahan yang tergabung dalam ﺴﺄ ﻟﺘﻤﻭﻧﻴﻬﺎ maka timbangan kata tersebut tetap huruf asli dengan menambahkan huruf tambahan tersebut sesuai dengan haraktnya. Misalnya kata ﺃﺤﺴﻦ dengan timbangan ﺃﻔﻌﻝ , kata ﺸﺎﺮﻚ bertimbangan ﻔﺎﻋﻝ , kata ﺇﺴﺘﻧﻛﺭ bertimbangan ﺇﺴﺘﻔﻌﻝ , kata ﻜﺎﺘﺏ bertimbangan ﻔﺎﻋﻝ , kata ﻤﺤﺮﻮﻡ bertimbangan ﻤﻔﻌﻭﻝ , kata ﺇﻧﺘﺨﺎﺐ bertimbangan ﺇﻔﺗﻌﺎﻞ . Begitupun jika salah satu dari huruf kata itu dihilangkan, maka timbangannya pun haruslah disesuaikan, misalanya kata ﺨﺬ bertimbangan ﻋﻝ dan seterusnya.
Dalam bab ini, akan dibahas sedikit permasalahan ilmu sharf guna membantu dalam mempelajari bahasa Arab, Jika ingin memperdalaminya, dapat kembali ke Alfiyah Ibnu malik, baik yang disyarah oleh Ibnu Hisyam, Asymuuni dan Ibnu ‘Aqiil, atau dapat dilihat pada buku Mulakkhas Al-Lughah al-Arabiyah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar